Cara Mengetahui Tubuh Tergolong Ideal, Kurus,Gemuk Ataupun Obesitas

4:01:00 PM

Cari Tahu Massa Tubuh Seseorang Tergolong Ideal Kurus Atau Gemuk ?

Menurut penelitian apabila masa tubuh seseorang terletak pada hasil 25 atau lebih, akan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, kanker, dan diabetes tingkat 2. Dan apabila BMI tubuh di bawah 18 akan memiliki resiko tinggi terhadap penyakit osteoporosis atau pertanda badan tidak baik". 

Wah..... ternyata memiliki ketebalan/kadar lemak pada tubuh kurang atau banyak juga sangat berbahaya bagi kesehatan dan apabila memiliki kadar lemak tubuh sebesar 40 ke atas sudah situasi berbahaya alias sudah memiliki penyakit tersebut,,,Jadi bagaimana nih solusinya untuk mengatur itu semua agar kadar lemak tubuh kita bisa normal ? (alias tidak kurang dan tidak lebih).


Apa itu BMI ?

Perlu kita ketahui dulu bahwa BMI itu adalah Body Mass Index. Apa itu ya ??? 
Body Mass Index(BMI) adalah perhitungan kalkulasi perbandingan antara berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badannya dalam meter yang digunakan untuk menentukan status berat badan seseorang apakah kurang, ideal, atau berlebihan/obesitas.

Jadi, berapa ya BMI yang normal kita butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh ?
BMI yang dibutuhkan untuk pria dan wanita adalah sama apabila usianya 20 tahun ke atas, dan untuk usia 20 tahun ke bawah memiliki sedikit perbedaan dalam melakukan perhitungan. Namun BMI ini tidak dapat digunakan kepada atlit atau olahragawan yang olahraganya mengharuskan berat badan berasal dari massa otot, walaupun BMI menunjukkan kegemukan.


Cara menentukan Ketebalan Lemak tubuh seseorang

Nah, sekarang bagaimana ya cara kita ingin mengetahui kondisi kadar lemak yang ada pada tubuh kita tergolong ideal, kurus, ataupun gemuk. Untuk mengetahuinya diperlukannya formula untuk itu, formulanya  sebagai berikut :





Interpretasi BMI untuk Menentukan Status Berat Badan

Berikut status berat badan berdasarkan angka BMI
  • Angka BMI kurang dari 18 artinya berat badan kurang
  • 18 – 24,9,  berat badan normal atau ideal
  • 25 – 29,9,  kelebihan berat badan (gemuk)
  • 30 atau lebih,  kegemukan atau obesitas


Hal-hal yang harus diperharikan untuk BMI

Berikut beberapa kekurangan dan harus diperhatikan dalam pengunaan penentuan BMI ini.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor umur. Perhitungan BMI untuk orang lanjut usia cenderung kurang dari perkiraan atau hitungan.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor massa otot. Perhitungan BMI untuk atlit cenderung lebih dari perkiraan/hitungan.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor kehamilan. Perhitungan BMI untuk perempuan saat hamil cenderung lebih dari perkiraan.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor bentuk rangka tubuh sehingga rentang BMI untuk suatu populasi tertentu berbeda dengan rentang BMI populasi lainnya. Misalnya bentuk rangka tubuh orang asia berbeda dengan rangka tubuh orang  afrika dan sebagainya


Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

KALAU BMI NYA 100 GMN GAN ???

Balas
avatar

yah berarti udah sekarat banget gan ,,, soal nya lemak di tubuh sudah menumpuk tuh

Balas

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis