Analisis Teknik yang Spesifik dalam Olahraga

11:27:00 PM

Cara Pelatih Menganalisa Sebuah Teknik yang Spesifik

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang langkah dan tahapan seorang pelatih/pembina mengobservasi dan menganalisa performa atlitnya. Kali ini akan dijelaskan mengenai langkah pertama tentang hal tersebut ! Tanpa basa basi lagi langsung saja ke pokok pertanyaannya !


Bagaimana seorang pelatih menganalisa sebuah teknik yang spesifik ?

Langkah pertama, seorang pelatih harus mengetahui seperti apa teknik terbaik tersebut atau gerakan sempurna.  Seorang pelatih kemudian dapat membandingkannya apa yang seorang pelatih lihat dengan apa yang ada dalam pikiran pelatih tentang model sempurna ini. Untuk membentuk gambaran tentang ini pelatih dapat mengunakan buku, foto, rekaman video, atau pemain/atlit yang profesional. Seorang pelatih atau siapapun dari kelompok/tim tersebut dapat mendemonstrasikan pada saat latihan/belajar.

Sebelum melakukan pengamatan teknik tersebut, seorang pelatih telah membaginya ke dalam beberapa bagian sederhana. Selanjutnya berkonsentrasilah pada beberapa bagian tersebut secara begantian ketika atlit mengulangi teknik tersebut. Membuat daftar terhadap bagian-bagian yang berbeda dari teknik tersebut akan membantu seorang pelatih untuk menganalisa secara detail(rinci).

Contohnya, Seorang pengamat sedang melihat gerakan guling depan(forward roll), pengamat akan melihat posisi awal terutama tangan dan kepala, bentuk tubuh dan posisi akhir, khususnya lengan. si pengamat akan membandingkan dari pandangannya/gambarannya pada setiap dari gerakan dengan bagian-bagian yang sama untuk memperoleh gerakan yang sempurna.

Si pengamat harus memilih posisi berdirinya agar mendapatkan pandangan yang jelas atau baik sebelum mengamati pelaksanaan apapun. Misalnya melihat dari kedua sisi, depan atau belakang, atau juga pada kasus yang lainnya bisa juga melihat dari atas ataupun bawah. Posisi pengamatan akan tergantung pada teknik tertentu sesuai dengan apa yang sedang diamati seperti jenis dan sifat dari olahraga dan juga pengetahuan si pengamat dari olahraga tersebut.

Pada kasus lempar lembing, pelatih yang berpengalaman akan melihat atlitnya tersebut kanan atau kidal(kiri) dalam melakukan lemparan dan kemudian akan melihat ketika awalan sampai melempar lembing tersebut. Keamanan juga menjadi pertimbangan bagi pelatih saat dalam even tersebut.

Lihat juga : Cara observasi dan analisa Olahraga

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis