Fungsi Text, Logika dan Keuangan

3:34:00 PM

Fungsi-fungsi Teks, Logika, dan Keuangan pada Excel



Fungsi Text adalah fungsi dimana digunakan sebagai penghitungan, pembagian, pemilihan, pengabungan karakter dan sebagainya sesuai ke inginan kita untuk menentukan atau memilih karater apa saja dan bagaimana pun bentuknya. Dan fungsi ini bisa di pakai secara tunggal(hanya fungsi ini saja) ataupun bersamaan dari fungsi teks lainnya (pengabungan dari beberapa fungsi teks lainnya).


Berikut ini merupakan beberapa kumpulan fungsi text pada excel diantaranya ialah :

1. Fungsi String

Fungsi string adalah perintah di excel yang berkaitan dengan teks atau karakter.
Berikut ini formula yang dalam fungsi string.


A.  Fungsi Upper

Perintah UPPER mengubah semua karakter teks dalam setiap kata yang ada pada suatu text menjadi huruf besar (kapital). adapun formulanya adalah

=UPPER(text)

contoh : dalam sel C1 tetulis "dalam" untuk memperbesarkan keseluruhan huruf pada kata " dalam" tersebut mengunakan fungsi UPPER , kita akan memperbesar tulisan "dalam" pada sel D1 maka, di sel D1 kita ketik "=UPPER(C1)" maka dalam sel D1 menjadi "DALAM"



B. Fungsi Lower 

Lower merupakan kebalikan dari UPPER, yaitu memperkecil tulisan(teks) menjadi kapital/besar. Berikut formulanya :

=LOWER(text)



C.  Fungsi Proper

Perintah PROPER mengubah setiap awalan karakter teks dalam setiap kata yang ada pada suatu text menjadi huruf besar (kapital). adapun formulanya adalah

=PROPER(text)

contoh : dalam sel B2 tetulis "selalu benar" untuk memperbesar huruf awal pada setiap kata mengunakan fungsi PROPER , kita akan memperbesar tulisan "selalu benar" pada sel C2 maka, di sel C2 kita ketik "=UPPER(B2)" (ingat ! tanpa tanda kutip), maka dalam C2 menjadi "Selalu Benar".




D. Fungsi Left, Right, dan Mid pada Excel

Fungsi Left, right dan mid digunakan untuk mengambil karakter tertentu di data teks yang terdapat di sel lembaran kerja. Fungsi "LEFT" digunakan untuk mengambil karakter teks dengan jumlah tertentu dari arah kiri. Fungsi "RIGHT" digunakan untuk mengambil karakter teks dengan jumlah tertentu dari arah kananFungsi "MID" digunakan untuk mengambil karakter teks dengan jumlah tertentu dari tengah.  

Rumus dari ke tiga fungsi tersebut ialah :

=LEFT(text;num_chars)
=RIGHT(text;num_chars)
=MID(text;star_num;num_chars)

Keterangan :

Dimana "text" adalah data teks yang ingin diambil karakternya, "num_chars" adalah jumlah karakter teks tersebut yang ingin diambil, "star_num" adalah nomor urut karakter awal yang ingin diambil, dihitung dari kiri.



E. Len dan Concatenate pada Excel

Fungsi Len digunakan untuk menghitung jumlah karakter/huruf/angka yang terdapat pada sebuah atau beberapa kata/kalimat termaksud spasi. contohnya kata "bersam4", maka jumlah karakternya yaitu sebnyak tujuh karakter.

Fungsi concatenate digunakan untuk mengabungkan beberapa teks/kata menjadi satu. Contohnya, pada sel B1 tertulis "Olah" (tanpa tanda kutip) dan pada sel C1 tertulis "raga(tanpa tanda kutip), Maka pada sel yang kita inginkan untuk menggabungkan kedua kata ini yaitu misalnya pada sel D1 maka masukkan fungsinya seperti dibawah ini pada sel tersebut kemudian tekan "Enter", maka hasilnya pada sel D1 ialah "Olahraga"

adapun bentuk fungsi tersebut ialah :

=LEN(text)
=CONCATENATE(text1;text2;text3;.......)






Selanjutnya Baca untuk sambungan Fungsi Logika dan Keuangan...

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis