Tips Peregangan (stretching)

8:13:00 PM
Ketika ingin berolahraga kita dianjurkan terlebih dulu melakukan peregangan dan pemanasan agar tidak mudah terjadinya cidera ketika berlolahraga. Bukan hanya untuk berolahraga saja peregangan dilakukan, tetapi stretching juga sangat diperlukan tubuh untuk mempertahankan dan meningkatkan kelenturan sendi-sendi yang dimiliki tubuh agar jangkauan gerak tubuh menjadi baik, sehat, dan terhindar dari gangguan penyakit sendi ketika lanjut usia. 

cara melakukan peregangan otot sendi ligament yang baik dan benar

Agar memiliki kualitas jangkauan gerak yang sempurna, dalam melakukan hal ini sebaiknya lakukan minimal sebanyak 3 x  peregangan dalam satu minggu (yaitu 3 hari ) untuk mempertahankan fleksibelitas sendi, dan untuk meningkatkannya lakukan sebanyak 6 x stretching  dalam satu minggu (yakni selama 6 hari dalam satu minggu) dan tujuan dilakukannya peregangan ialah untuk menguranggi ketegangan dan mempersiapkan otot untuk melakukan aktivitas keseharian , latihan ataupun berolahraga semata.


Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan peregangan (stretching).

Agar menghasilkan kelenturan sendi (tubuh) mari lihat beberapa tips yang harus kita lakukan ketika melakukan peregangan.
  1. Lakukanlah peregangan 3 sampai 4 kali dalam satu minggu, agar membantu mempertahankan fleksibelitas kamu. (jika memiliki cidera atau cacat berkonsultasilah pada ahli medis).
  2. Lakukan secara perlahan-lahan. jangan lakukan  secara tergesa-gesa atau terburu-buru saat melakukannya. Jangan melakukan gerakan memantul, dan jangan memaksakan hingga menimbulkan rasa sakit. (rasa sakit ialah tanda stretching yang tidak dilakukan dengan benar).
  3. Jagalah seluruh tubuh dalam kondisi rileks dan lemas.(tidak kaku)
  4. Tarik secara perlahan-lahan. tarikkan dilakukan hingga kamu merasakan tekanan ringan, kemudian lemaskan dan tahan gerakan 10 hingga 15 detik untuk setiap gerakan peregangan. Tarikan tanpa gerakan memantul.
  5. Sesaat danatau sesudah peregangan dari satu regangan bernapslah secara perlahan-lahan. Jangan menahan napas saat melakukan peregangan (Stretching). 

Sekian tips melakukan peregangan dari Pendidikan Terbaru , semoga dapat membantu dan perhatikan juga gerakan peregang otot, macam-macam gerakan peregangan statis dan dinamis. Artikel selanjutnya mengenai peregangan yang baik dan seimbang.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis