Penambahan Jam Mata Pelajaran untuk Kelompok Matpel Peminatan/Jurusan Kurikulum KTSP SMA

8:56:00 PM

Penambahan Jam Mata Pelajaran kelompok MatPel Perminatan/Jurusan ke Dalam Kelompok Tamabahan Jam Wajib Max 4 Jam

Boleh gak menambahkan jam mata pelajaran yang kategori mata pelajaran tersebut masuk kedalam kelompok Matpel perminatan/jurusan pada aplikasi dapodik ?. pertanya an ini menjadi permasalahan bagi saya sendiri karena ketika saya di panggil operator dinas pendiikan dan bertanya , Mengapa sekolahnya menambahakan jam pada jam kelompok permintan/jurusan, itu tidak boleh di lakukan karena mata pelajaran yang di tamabahkan jam mengajarnya hanya mata pelajaran dari kelompok Matpel wajib tutur  operator dinas tersebut ! dan hal yang sama juga di katakan dengan operator sekolah di daerah saya sendiri. terus saya mengatakan kepada ops lainnya, berdasarkan panduan  tidak ada tertulis dengan jelas yang mengatakan demikian yaitu hanya mapel yang termasuk kedalam kelompok MatPel wajib  saja yg boleh ditabahkan. demikian tutur saya kepada op dinas dan ops sekolah lainnya di daerah saya.

Lantas saya menjadi binggung, kenapa tidak bisa ? lalu saya menanya kesana kemari untuk mendapatkan jawab, Nah jawaban tersebut berdasrkan admin ops yang mengelola dapodik berikut ini.


Berdasarkan informasi dari helpdesk dikmen dapodik melalui akun WA tentang penambahan jam untuk mata pelajaran jurusan/peminatan ke dalam kelompok MatPel tamabahan jam maksimal 4 jam pembelajaran

Kurikulum SMA KTSP

Contoh Kasus :

Tanya :
Boleh atau tidak untuk menambahkan tambahan jam (tambahan maksimal = 4) pada Kelompok Matpel tambahan jam wajib ????
Mata Pelajaran yang berada Pada Kelompok Matpel perminatan/jurusan IPA/ IPS yaitu :
Biologi dengan Max jam = 4
Kimia dengan Max jam = 4
Fisika dengan Max jam = 4
Ekonomi dengan Max jam = 4
Geografi dengan Max jam = 3
Sosiologi dengan Max jam = 3

JAWABAN :

oleh : Syamsul Huda
yang mengatakan  "penambahan boleh dilakukan baik di mapel wajib atau peminatan, asalkan di tambahkan pada jenis kelompok Matpel wajib (tambahan max 4 jam) dengan ketentuan tidak lebih dari 4 jam".

oleh : Wandy Hasminto
yang mengatakan "Penambahan boleh baik di mapel wajib atau peminatan. Asalkan di tambahkan pada jenis kelompok Matpel wajib (tambahan max 4 jam) dengan ketentuan tidak lebih dari 4 jam".

oleh : I Nyoman Pasek
yang mengatakan "KTSP boleh menambah 4 jam untuk mapel apa saja termasuk untuk kelompok peminatan. penambahan jam tidak boleh lebih dari 4 jam per rombel. Penambahan jam tersebut masuk pada kelompok mapel studi wajib (tambahan jam)".

oleh : Candra Sukan
yang mengatakan " Boleh di tambahkan" kemudian si penanya menanyakan kembali dan berkata "Kalau boleh ditambahkan, Apakah jumlah jamnya akan dihitung untuk mendapatkan tunjangan profesi bagi guru yang telah sertifikasi ?" dan kemudian dijawab lagi "Itu yang nentuin GTK, yang jelas setiap rombelnya tidak boleh melebihi rambu-rambu."

oleh : Andik Purwanto
yang mengatakan " penjelasan ini sudah diuraikan dalam buku panduan dapodik versi 840."

oleh : Iwan Sutisna
yang mengatakan "Dalam pelaksanaannya harusnya boleh saja, hanya memang tidak akan dihitung."

Dari beberapa penjelasan di atas  menurut saya Boleh Ditambahkan seperti apa yang telah tertulis Pada buku Panduan Sukses Dapodik V. 8.4.0 Dan apakah kesimpulan yang kamu dapatkan ???? ingat ini hanya menurut para pengelola data dapodik diatas , saya sendiri tidak bertanggung jawab seandainya tidak keluarnya tunjangan guru tersebut di karenakan kelebihan beban mengajar yang seharunya berdasarkan peraturan-peraturan.

silahkan berkomentar bagi yang paham ???

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis