Budaya Hidup Sehat

12:36:00 AM
Dampak dan Cara Menghidari Seks Bebas

Telah banyak dilakukan penelitian tentang mengapa para remaja melakukan perilaku seks bebas ? Cukup banyak faktor yang menyebabkan remaja melakukan perilaku seks bebas. Salah satunya adalah akibat pengaruh mengkonsumsi berbagai tontonan yang tidak mendidik baik itu di layar kaca maupun dilayar lebar ataupun di media sosial yang memiliki
manfaat negatif dan positif, sekarang ini media sosial yang menjadi target penyebab remaja melakukan perilaku seks bebas. Oleh karena itu manfaat globalisasi perlu dipilah-pilah mana yang baik dan mana yang buruk. 

Untuk itu perlu diberikannya pendidikan seks ini agar tidak terjadinya perilaku yang menyimpang dalam hak asasi manusia, kultur, agama, dan kesehatan.

Apa Itu Pendidikan Seks ?

Pendidikan seks merupakan pendidikan yang menerangkan dan mendidik tentang aspek biologis dan aspek psikologis dan moral. Pendidikan seks yang benar harus terdapat unsur-unsur hak asasi manusia dan juga diikutsertakan dengan nilai-nilai kultur(budaya) dan agama(religi) sehingga merupakan pendidikan akhlak dan moral juga. Perlu juga kita ketahui bahwa pendidikan seks bukan mengajarkan bagaimana, apa, untuk apa, dan mengapa terhadap alat kelamin. Pendidikan seks ini berusaha menempatkan seks pada perspektif yang tepat dan mengubah anggapan negatif tentang seks. pendidikan seks ini memiliki ruang yang sangat kompleks dan bukan hanya sekedar menerangkan tentang penerangan seks dalam arti heterosexsual.

Pengertian pendidikan seks adalah sebagai penerangan tentang anatomi fisiologis seks manusia, bahaya penyakit kelamin, dan juga membimbing serta mengasuh seseorang agar mengerti tenang arti, fungsi, dan tujuan seks sehinga ia dapat menyalurkannya secara baik, benar, dan legal menurut kultur(budaya) dan agama(religius) serta kesehatan.

Apa tujuan diberikannya pendidikan seks ?

Adapun tujuan dalam pendidikan seks ini memiliki tujuan umum dan juga dapat dirincikan yaitu sebagai berikut :

  • A. Tujuan umum pendidikan seks yaitu untuk menghasilkan manusia-manusia dewasa yang dapat menjalankan kehidupan yang bahagia. Serta bertanggung jawab terhadap dirinya dan terdapat orang lain.( kesepakatan conference of sex education and family planning,1962). Sedangkan tujuan yang paling utama pada pendidikan seks ini adalah melahirkan, menciptakan, dan membina individu-individu yang senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dan lingkungannya, serta bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.
  • B.  Secara rinci tujuan pendidikan seks ialah :
    • Membentuk pengertian tentang perbedaan seks antara pria dan wanita dalam keluarga,pekerjaan dan seluruh kehidupan,yang selalu berubah dan berbeda dalam tiap masyarakat dan kebudayaan.
    • Membentuk pengertian tentang peranan seks dalam kehidupan manusia dan keluarga.
    • Mengembangkan pengertian diri sendiri sehubungan dengan fungsi dan kebutuhan seks.
    • Membantu siswa dalam mengembangkan kepribadian sehingga mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis