Fungsi Statistik dan Peluang

11:04:00 AM

Fungsi-fungsi Dalam Excel

Dalam excel terdapat banyak fungsi-fungsi yang dapat kita gunakan, diantaranya fungsi matematika, waktu, tanggal, dan referensi, fungsi statistik dan peluang, fungsi teks, logika, dan keuangan , fungsi mengurutkan dan menyaring data, membuat data base, dan mengunakan solver sebagai persamaan linier.

Fungsi-fungsi tersebut digunakan sebagai penganti rumus dan operator-operator pada excel yaitu diantara nya operator aritmatika, perbandingan, pengabungan teks, dan acuan. 

Mari kita lihat bentuk-bentuk fungsi statistik dan peluang pada excel :

1. Mean (rata-rata)
Mean adalah nilai rata-rata yang merupakan salah satu bagian dari nilai statistik yang paling sering digunakan dibandingkan dengan nilai nilai yang lain. Dalam excel kita dapat mencari nilai rata-rata mengunakan fungsi AVERAGE, rumus untuk penulisan fungsi ini adalah 

=AVERAGE(number1;number2;number3;............)

Keterangan : 
  • dimana number 1, number 2, number 3 adalah bilangan yang ingin  di cari nilai nya, dimana nilai tersebut harus berbentuk angka.
2. Max (nilai maksimum)

Max adalah nilai maksimum/tertinggi yang terdapat pada statistik. Dalam excel kita dapat mencari nilai maksimum yang terdapat pada sebuah/beberapa cell dan kolom pada excel atau disebut range cells dengan mengunakan fungsi MAX, adapun fungsi MAX tersebut ialah :

=MAX(range cell)

Keterangan :
  • Dimana range cell adalah nilai yang ingin kita cari nilai maksimumnya
3. Min (nilai minimum)

Min adalah nilai minimum/terkecil yang terdapat pada statistik. Dalam excel kita dapat mencari nilai minimum yang terdapat pada sebuah/beberapa cell dan kolom pada excel atau disebut range cells dengan mengunakan fungsi MIN, adapun fungsi MIN tersebut ialah :

=MIN(range cell)

Keterangan :
  • Dimana range cell adalah nilai yang ingin kita cari nilai minimumnya/terendah
4. Mode (modus)

Mode adalah nilai yang paling banyak muncul/nilai yang sering muncul yang terdapat pada statistik. Dalam excel kita dapat mencari nilai yang sering muncul yang terdapat pada sebuah/beberapa cell dan kolom pada excel atau disebut range cells dengan mengunakan fungsi MODE, adapun fungsi MODE tersebut ialah :

=MODE(number1;number2;number3;..........)

Keterangan : 
  • dimana number 1, number 2, number 3 adalah bilangan yang ingin  di cari nilai nya, dimana nilai tersebut harus berbentuk angka.
5. Median (nilai tengah)

Median adalah nilai tengah/pertengahan terdapat pada statistik. Dalam excel kita dapat mencari nilai tengah/pertengahan yang terdapat pada sebuah/beberapa cell dan kolom pada excel atau disebut range cells dengan mengunakan fungsi MEDIAN, adapun fungsi MEDIAN tersebut ialah :

=MEDIAN((number1;number2;number3;..........)

Keterangan : 
  • dimana number 1, number 2, number 3 adalah bilangan yang ingin  di cari nilai yang dimaksudkan, dimana nilai tersebut harus berbentuk angka.
6. Count

Count adalah fungsi untuk menghitung/mencari jumlah data numerik yang terdapat pada suatu range ( hanya angka yang dapat di hitung ). Adapun Fungsi count nya ialah :

=COUNT(range sel)


7. Counta

Counta adalah fungsi untuk menghitung/mencari jumlah data numerik, string(label) yang terdapat pada suatu range (angka dan huruf ). Adapun Fungsi counta nya ialah :

=COUNTA(range sel)


Peluang(berkesempatan)

Peluang dapat diartikan sebagai salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya sebuah kejadian/peristiwa. Baca selengkapnya.......

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis