Tanya Jawab Seputar Ujian Nasional Perbaikan

12:22:00 AM

TANYA JAWAB UN PERBAIKAN

Mungkin adik-adik ada yang masih bertanya-tanya apa dan bagaimana pelaksanaan UNPerbaikan serta Sertifikat-nya bagaiamana, dan berguna gak tu sertifikat. 

Bagi calon peserta yang ingin mengikuti ujian nasional perbaikan namun memiliki pertanyaan yang belum terjawab silahkan lihat pertanyaan dan jawaban kamu seputar UNP di bawah ini !.

TANYA JAWAB  ATURAN DAN TEKNIS UJIAN NASIONAL PERBAIKAN

T : Apakah ujian perbaikan dilaksanakan secara onine atau menggunakan ujian tulis/kertas ?
J : UNP dilaksanakan dengan menggunakan ujian komputer (CBT).

T : Apakah ada biaya pendaftaran UNP?
J : Gratis, tidak ada biaya pendaftaran

T : Dimanakah lokasi UNP dilaksanakan(di sekolah tempat ikut UN atau di tempat lain)?
J : UNP diselenggarakan di provinsi dan tempat-nya ditentukan oleh kabupaten/kota tempat penyelenggara UNP.

T : Apakah UNP diperuntukkan bagi nilai rata-rata seluruh mata pelajaran Ujian Nasional lebih kecil atau sama dengan lima puluh lima koma nol (≤ 55,0) atau nilai per mata pelajaran UN ≤ 55,0?
J : UNP diperuntukan bagi siswa-siswi UN 2015 dan 2016 yg memiliki nilai pada salah satu mata pelajaran ujian dengan nilai ≤ 55.0. Bukan rata-rata nilai seluruh mata ujian.
(contoh : Si X memiliki nilai UN tahun 2016 dengan mata pelajaran Matematika =45.0, Bahasa Indonesia =55.0, Biologi =35,0, Boleh memilih salah satu danatau semua mapel tersebut yaitu matemetika, bahasa Indonesia,  dan biologi untuk mengikuti UNP tahun 2016)

T : Jika hasil UNP tetap rendah danatau mungkin bisa saja lebih rendah atau kecil dari hasil UN?, apakah harus tetap mengikuti UNPerbaikan selanjutnya agar bisa memperbaiki nilai?
J : Pastikan kamu mendapatkan nilai yg lebih baik dengan belajar lebih giat dan tekun. Kesempetan UNP hanya diberikan satu kali saja.

T : Apakah siswa yang melakukan ujian perbaikan akan memiliki 2 Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN)?
J : Ya benar yaitu SHUN dan SHUN Perbaikan

T : Setelah mengikuti UNP apakah nilai tertinggi atau nilai akhir yang diakui(berlaku)?
J : Hasil UNP diberikan terpisah dari SHUN yang sudah diterima sebelumnya

T : Apakah hasil UNP berpengaruh terhadap ijazah? apa hanya SHUN saja yang berubah?
J : SHUN UNP tidak berhubungan dengan Ijazah. SHUN UNP hanya mencantumkan nilai hasil UNP saja dan terpisah dengan ijazah serta SHUN sebelumnya

T : Bagaimana bila ingin mengikuti tes tertentu yang mensyaratkan nilai rata-rata UN 74? Apakah bisa menggunakan hasil un perbaikan?
J : Nilai-nilai di SHUN tidak berubah ... tapi nilai UNP bisa dihitung dengan cara digabung dengan nilai-nilai sebelumnya.

PERMASALAHAN DALAM WEB UNP

Berikut ini beberapa pertanyaan dan solusi mengenai permasalahan dengan web ketika mendaftar dan login atau masuk .

T : Mengapa tidak bisa login padahal sudah mendaftar dan mendapatkan username dan password?
J : - Jika anda sudah mengunduh dan atau mengirim email bukti pendaftaran, buka file tersebut untuk melihat ID(user) dan password(sandi) anda.
-  Mungkin password sudah pernah diganti saat login.

T : Jika sudah mendaftar tetapi lupa atau belum sempat mencatat dan mengunduh username & password bagaimana untuk melakukan login?
J : Silahkan klik lupa password

Share this :

Previous
Next Post »
64 Komentar
avatar

Kenapa pada saat saya klik lupa password trus saya isi pas saya cek spam email nya Kok nggak ada di email sya, tolong kak mohon bantuannya

Balas
avatar

Terima Kasih telah berkomentar,,,

Pastikan dengan benar bahwa akun email yang kamu cek tersebut adalah akun email yang kamu daftarkan pada saat registrasi UNP pertama sekali, dan email tersebut masuk dalam kotak masuk email ataupun kotak spam email, email masuk antara 1x24 jam atau 2x24 jam. ingat ! ini berdasarkan pengetahuan admin blog.
Jika masih ada kendala silahkan berkomentar kembali !

Balas
avatar

Kak, saya kemarin daftar ujian perbaikan di kota yogyakarta, ternyata saya harus pindah ke jambi, apakah saya tidak bisa pindah lokasi ujian ? Lalu jika saya tidak ikut tahun ini, apakah saya boleh ikut tahun depan ?

Balas
avatar

@isnaini nur habibah ini mungkin bisa membantu !

UNP diselengarakan di provinsi dimana tempat mengikuti Ujian Nasional umum dan pelaksananya ialah kab/kota pelaksana unp,, jadi menurut admin, apabila berbeda provinsi jelas tidak bisa karena nomor peserta un kamu itu merupakan kode unik dari provinsi-kab/kota-sekolah-xxx-xx.
kalau sudah mendaftar maka tidak bisa mendaftar untuk yang ke dua kalinya. gunakan kesempatan ini dengan bijak !

Terima kasih !

Mudah-mudahan dapat membantu !

Balas
avatar

Bila saya sudah mendaftar dan sudah mendownloadnya apakah saya bisa mengganti lokasi ujian? Karena saya kemungkinan tidak ada dikota itu saat unp berlangsung.
Mohon jawabannya terimakasih

Balas
avatar

Terima kasih telah berkomentar !
Untuk lokasi ujian dipilih pada saat kamu mendaftar UNP pertama sekali, jika kamu telah memilih lokasi ujiannya pada provinsi sekolah asal, maka untuk provinsi lokasi ujiannya tidak bisa dirubah lagi. yang bisa kamu pilih adalah sekolah tempat daftar ulangnya yang berada dalam provinsi dan kab/kota yang kamu daftarkan.

Semoga membantu !

Balas
avatar

Temen saya udah daftar tapi lupa username dan pasworsnya dan diaaa login trus klik lupa pasword jadi pihak panitiaa mengirimkan paswor baru ternyata dia sudah download kartunya. tapi ternyata dia tidak memasukan email pas mendaftar pertama . bagaimana solusinya tolong dibantu
Terimakasih sebelumnya

Balas
avatar

Password baru yang dikirimkan panitia ke alamat email mana ????????
Kalau temanmu itu tidak memasukkan alamat email sewaktu mendaftar, bagaimana panitia mau mengirimkan pasword baru.

Balas
avatar

Lihat cara rubah lokasi ujian pada kategori siswa pada web ini

Balas
avatar

Lihat cara rubah lokasi ujian pada kategori siswa pada web ini

Balas
avatar

Lihat cara rubah lokasi ujian pada kategori siswa pada web ini

Balas
avatar

Ea itu masalahnya , dia tidak memasukan emailnya .

Sosulinya bagaimana

Balas
avatar

Ea itu masalahnya , dia tidak memasukan emailnya .

Sosulinya bagaimana

Balas
avatar

Gimana nih jadwal unp berpapasan dg kegiatan di kampus. Dan sama2 penting tdk bsa di tunda. Khususnya di Sulawesi Selatan

Balas
avatar

Gimana username dan paswd belum di krim di email saya?

Balas
avatar

tunggu minimal selama 1x24 jam, dan pastikan email valid alias bisa dibuka,,,

Balas
avatar

Ambil tindakan sendiri saja ya,, bagusnya gimana, silahkan atur waktu

Balas
avatar

Belum tau lagi ni solusinya gmn,,,

Balas
avatar

Apa dari tim unp tdk bisa mengatur jadwal kembali karena dari beberapa universitas di Sulawesi Selatan. Kegiatan2nya bertabrakan dgn kegiatan unp ini.

Balas
avatar

tanya langsung ke unp.puspendik@kemdikbud.go.id

Balas
avatar

Saya sudah daftar unp, tapi jadwal unp bentrok dgn ospek, panitia ospek tdk menerima alasan untuk tdk ikut ospek, jika saya tdk daftar ulang unp, apakah tahun depan saya masih bisa daftar unp?

Balas
avatar

Kak kalok misalnya saya sudah daftar . Tapi saya ga daftar ulang . Jadi saya kan ga ikut unp tahun jni .
Kira kira bisa ga ikut lagi taun depan?

Balas
avatar

Saya sudah daftar unp, tapi jadwal unp bentrok dgn ospek, panitia ospek tdk menerima alasan untuk tdk ikut ospek, jika saya tdk daftar ulang unp, apakah tahun depan saya masih bisa daftar unp?

Balas
avatar

Kemungkinan bisa,,, Tapi saya tidak menjamin,,,

Balas
avatar

Kemungkinan Bisa,,,Tapi saya tidak menjamin ya,,,

Balas
avatar

Kemungkinan Bisa ,,,,, tapi saya tidak menjamin,,,,

Balas
avatar

Kak kalau seandainya sudah daftar ulang apakah wajib untuk ikut?

Balas
avatar

kak username tidak ditemukan padahal sudah daftar. udah klik lupa pasword tetep sama. solusinya kak

Balas
avatar

Kak kalau untuk daftar ulang memakai foto berwarna atau hitam-putih?

Balas
avatar

maaf ka, saya mau tanya, kalo saya belum bisa ambil ijazah asli gimana? apakah bisa ikut daftar ulang? makasih

Balas
avatar

Persyaratan daftar ulang, dengan membawa :
Menunjukkan Ijazah asli ATAU SURAT KETERANGAN LULUS dari satuan pendidikan dan menyerahkan fotocopy satu lembar.
Menunjukkan SHUN asli ATAU FOTO COPY NYA.
Identitas diri (KTP/SIM)
Pasfoto 3 x 4 sebanyak 3 lembar

Balas
avatar

Untuk Jaga-jaga permintaan di TKP bawa aja dua-duanya hitam putih dan berwarna,
Pas Foto terbaru ya,,,

Balas
avatar

Kemungkinan Kamu tidak menyimpan data setelah berhasil daftar waktu itu,, sperti gambar yang di tampilkan pada artikel cara merubah lokasi ujian di blog ini

Balas
avatar

apakah saya masih bisa ikut ini kak?

Balas
avatar

kak kalo belum daftar UNP sebelumnya, apa masih bisa ikut daftar ulang dan ikut UNP?

Balas
avatar

kalau unp rendah,nilai apa yang akan dicantumkan di shun?nilai terendah atau terbaik?

Balas
avatar

kalau daftar ulang un diwakilkan bisa atau tidak?

Balas
avatar

Jika telah mendaftar ulang unp kemudian waktu pelaksanaan ujian tidak hadir karena berhalangan. Apakah masih bisa mengikuti unp tahun depan?

Balas
avatar

Kamu ada dua sertifikat UN,
Sertifikat SHUN Umum dan
sertifikat SHUN UNP,,,

Balas
avatar

Maaf ka sya mau nanya apakah jika tidak bsa ikut unp 2016 karna tglnya bentrok dgn ospek boleh ikut unp tahun depan? Dan bagaimana jika sudah mendaftar dn batal ikut ? Apakah bermasalah jika ingin ikut thun dpn ?

Balas
avatar

Setau saya tidak bisa, Karena UNP hanya boleh dilakukan 1x

Balas
avatar

Kak itu pas fotonya menggunakan foto SMA atau bebas???

Balas
avatar

seragam sekolah putih abu2

Balas
avatar

Selamat malam..
begini saya udah mendaftarkan diri saya untuk ikut UNP,tapi saya lupa untuk daftar ulang UNP dan tanggalnya pun udah lewat.
apa saya tetap bisa mengikuti UNP atau bagaimana?
terima kasih..

Balas
avatar

Sepertinya tidak bisa,, tapi coba berkoordinasi dengan sekolah penyelengara UNP di tempat daftar ulang anda, mungkin bisa

Balas
avatar

Ka kok webnya gk bisa dibuka ya tolong bantuannya

Balas
avatar

Ka kok webnya gk bisa dibuka ya tolong bantuannya

Balas
avatar

Ka kok webnya gk bisa dibuka ya tolong bantuannya

Balas
avatar

Ka kok webnya gk bisa dibuka ya tolong bantuannya

Balas
avatar

kak kalau seandainya tidak mengikuti tes uji coba nya,karena berhalangan. tetapi pas ujian nasional perbaikannya nya saya hadir ,seperti itu bisa tidak ya.

Balas
avatar

ya bisa,,,
tes itu agar kamu paham untuk ikut ujian nantinya,,,

Balas
avatar

saya sudah mengikuti ujian perbaikan
dan saya baru ingat saya belom ada bertanya tentang nilai perbaikkan saya
nah sewaktu saya cek nilai diweb ko tulisannya "username tidak ditemukan" itu gimana ya mohon penjelasannya
terimakasih.

Balas
avatar

Apakah SHUN UNP berlaku untuk masuk perguruan tinggi.

Balas
avatar

Apakah SHUN UNP berlaku untuk masuk perguruan tinggi.

Balas
avatar

Min apakah hasil unp2016 bisa dicek kembali/lagi?,, mohon pemberitahuannya min..

Balas
avatar

Mohon maaf atas komentar yang tidak bisa dibalas. disebabkan admin lagi sibuk selama dua tahun dan bahkan artikelpun tidak tertulis.
terima kasih atas kunjungan teman-teman semuanya ke blog sederhana kami.

Balas
avatar

Assalamualaikum kak.
Jika saya masih belum mengikuti unp sama sekali. Apakah masih bisa mengikuti tahun 2019 ?

Balas
avatar

Assalamualaikum kak.
Jika saya masih belum mengikuti unp sama sekali. Apakah masih bisa mengikuti tahun 2019 ?

Balas
avatar

Kak mau tanya apabila saya sekolah empat tahun dan saya mengikuti UN 2017 namun saya lulus 2018 . Masih bisakah jika saya ikut UNP tahun ini? Karena tahun kemarin saya tidak mengikuti UNPm.trmksh..

Balas

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis