Cara Menentukan Target Denyut Jantung Latihan

4:02:00 PM
Cara menetukan target denyut jantung latihan (maksimal).

Saat melakukan aktivitas fisik intens, denyut nadi akan meningkat melebihi level normal. Melakukan pemantauan sangat penting dalam setiap program latihan untuk mengetahui denyut nadi maksimal.
Inilah sebabnya  perlu mengetahui cara mengukur denyut jantung saat istirahat, beraktivitas, dan saat pemulihan.

Selain itu, harus bisa menentukan apakah denyut jantung sudah mencapai target denyut jantung yang diinginkan.

Pertama, periksalah denyut jantung saat istirahat. Waktu terbaik mengukur denyut jantung saat istirahat adalah pada pagi hari setelah bangun tidur. Rata-rata denyut jantung istirahat bagi perempuan adalah 74 hingga 84 denyut per menit, sementara pada laki-laki berkisar 72-78 per menit.

Pengukuran denyut jantung bisa dilakukan dengan meletakkan tangan pada nadi pergelangan tangan. Untuk memeriksa denyut nadi karotis, bisa dilakukan dengan meletakkan jari pada sisi leher. Cukup hitung denyut selama 10 detik kemudian kalikan dengan 6 untuk memperoleh jumlah denyut per menit. Untuk menentukan denyut nadi saat beraktivitas, harus melakukannya setelah melakukan olahraga berat selama minimal 5 menit.

Komponen lain yang perlu diketahui adalah denyut jantung saat pemulihan. Ini adalah tingkat di mana jantung kembali normal setelah sesi latihan berat. Menemukan denyut jantung pemulihan penting untuk memeriksa kesehatan jantung secara keseluruhan. Semakin tinggi tingkat kebugaran kardiovaskular, semakin cepat denyut jantung kembali normal.

Ukur denyut nadi satu menit, dua menit, dan lima menit setelah aktivitas fisik atau olahraga. Umumnya, pelatih kebugaran merekomendasikan untuk berolahraga hingga mencapai antara 55% dan 85% detak jantung maksimum.

Angka tersebut disebut pula sebagai target denyut jantung yang harus dicapai. Anda dapat menemukan target denyut jantung dengan mengurangi 220 dengan usia Anda kemudian mengalikan hasilnya dengan 0,55. Kalikan lagi hasilnya dengan 0,85 untuk menemukan target denyut jantung Anda.

Untuk mencapai target denyut jantung tersebut, Anda setidaknya harus melakukan olahraga setidaknya tiga sampai lima kali seminggu selama 20-60 menit setelah pemanasan.

Penting pula diingat, obat-obatan tertentu mungkin mempengaruhi tingkat denyut jantung.

Konsultasikan dengan dokter/pelatih/instruktur latiahan mengenai intensitas latihan jika terdapat obat yang mempengaruhi denyut jantung.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

MANTAP NI BUAT MATERI SISWA GUE GAN
MAKSIH YA GAN

Balas

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis