Penyaluran Dana BOS SMA/SMK 2016

3:43:00 PM
Juknis BOS SMA/SMK Tahun 2016 - Memasuki semester genap Tahun ajaran 2015/2016 serta memasuki penyaluran dana BOS triwulan pertama periode Januari - Maret 2016 penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah menengah dan menjelang berakhirnya pengambilan data(cut off) untuk pencairan triwulan ke-2 periode April-Juni 2016 yaitu pada tangal 1 Maret 2016. 

Berhubungan dengan hal tersebut, setelah mencermati Juknis BOS SMA/SMK Tahun 2016 diketahui bahwa penyaluran dana dibagi kedalam 4 tahap penyaluran.


Proses Tahap Penyaluran Dana BOS Dalam Satu Tahun

Berbeda dari tahun sebelumnya terhadap pencairan dana bantuan, Kali inni Sekolah tidak menerima dana bantuan operasional dari pemerintah secara sekaligus, namun dana tersebut di salurkan berdasarkan tahap yang telah ditentukan pemerintah. Berikut tahapan penyalurannya.

1. Triwulan pertama (Januari-Maret) didasarkan jumlah siswa pada aplikasi dapodik tanggal 15 Desember tahun 2015.
2. Triwulan ke-2 (April-Juni) didasarkan data Dapodik  tertanggal 1 Maret 2016.
3. Triwulan ke tiga(Juli-September) berdasarkan data Dapodik  tertanggal 1 Juni 2016.
4. Triwulan ke empat (Oktober-Desember) berdasarkan data Dapodik tertanggal 21 September 2016.

Dalam rangka penyuksesan Pendataan Data Pendidikan Menengah melalui Dapodik untuk penyaluran BOS SM 2016 untuk Triwulan ke dua (April-Juni), Tim Dapodik SMA-SMK telah melakukan pengaktifan referensi semester dua (genap) tahun pelajaran 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah dapat melakukan pembaharuan data(update) untuk dapat masuk dan melakukan proses pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Secara teknis proses pembaharuan data pada periode tertentu dapat melakukan up date seluruh data pada semester dua (genap) 2015/2016.


Cara melakukan pembaharuan data pada Aplikasi Dapodik dari Semester ganjil ke Semester Genap pada Tahun Pelajaran yang sama

Berikut cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan sekolah(operator dapodik) untuk memperbaharui data ke semester selanjutnya.

1. Silahkan login ke semester Genap pada tahun ajaran yang bersangkutan, kemudian lakukan proses pembaharuan (update) data.

2.Pembaruan data sekolah.
Lakukan pembaharuan  data identitas sekolah dan data-data pendukung lainnya (jika ada perubahan data pada data sekolah)

3.Pembaharuan data sarana dan prasarana
Lakukan pembaharuan data sarana prasarana dan data-data pendukungnya(jika ada data yang ingin di perbaharui), yaitu dengan melengkapi data ruangan yakni sarana pada ruangan tersebut yang belum masuk dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data ruangan pada semester genap akan kembali kosong, maka untuk pengisiannya dapat menggunakan fungsi tombol "Salin data periodik". Guna tombol ini akan menyalin data isian kondisi ruangan yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan edit data yang mengalami perubahan. periksa dan perbaharui juga data pendukung sarana dan prasarana(sarpras) yaitu: sarana, buku dan alat dan data lainnya yang berada pada ruangan tersebut pada tab sarpras ini.

4.Perbaharui data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)
Pembaharuan data PTK dan data pendukungnya jika salah satu atau seluruh PTK mengalami perubahan data, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan seperti gaji pokok, riwayat gaji berkali, pangkat dan lain sebagainya. periksa  dan perbaharui juga data pendukung PTK seperti: data anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan seterusnya sampa data riwayat jabatan fungsional jika PTK tersebut mengalami perubahan data.

5. Pembaharuan data Peserta Didik
Jika ada pembaharuan pada data peserta didik lakukan pembaharuan data degan cara pilih salah satu nama siswa yang datanya mengalami perubahan dan kemudian klik "Ubah", dan data siswa akan tampil kemudian lakukan perubahan data dan data pendukungnya (jika mengalami perubahan). Setelah selesai maka klik " Simpan "

6.Perbaharui data Rombongan Belajar
Pada semester genap maka data siswa pada rombongan belajar akan kemabali kosong, maka lakukan pembaharuannya. Saya yakin para operator telah paham bagaimana melakukan pembaharuannya pada bagian tab data rombongan belajar ini. jika belum paham maka prosesnnya yaitu masukklan kembali siswa tersebut pada rombel yang sama dengan cara klik dan salah satu nama siswa tersebut kemudian pindahkan pada kolom yang berada disampingnya. Perlu dinggat bahwa ketika ingin melanjutkan semester pada tab rombongan belajar maka status nya harus dalam kondisi- "lanjutkan semester", begitu juga untuk pembaharuan siswa pindahan dari sekolah lain danatau siswa baru, pastikan tab tersebut dalam kondisi yang diinginkan. 

7.Validasi dan Sinkronisasi
Tahap ini dilakukan ketika seluruh data telah diperbaharui dan diperbaiki, baik itu data sekolah, sarpras, siswa, PTK, rombel dan lain-lainya. cara melakukannya saya yakinkan kembali para operator dapodik telah ahli dalam hal ini.

Untuk Unduh Juknis BOS SD/SMP/SMA/SMK silahkan lihat  juknis bos 2016 dibawah ini


Sekian dulu artikel tentang tahap Penyaluran dana BOS pada tahun 2016 ini. Baca juga Perubahan Juknis BOS SMA tahun 2016 pada artikel selanjutnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis