Sakit Perut Setelah Melakukan Sit Up ?

11:10:00 PM
Ketika seseorang selesai melakukan sit up, tak lama beberapa jam kemudian mengalami rasa sakit pada perutnya. Hal ini dialami dengan orang yang baru pertama melakukan aktifitas olahraga tidak hanya wanita, pria juga mengalaminya. Kenapa ya bisa sakit perutnya ketika selesai melakukan sit up ? Ini dia penjelasannya.

tips agar tidak sakit perut ketika sit up

Apa itu sit up ? sit up adalah gerakan aktivitas tubuh(olahraga) yang dilakukan dengan cara seseorang tidur terlentang pada sebuah bidang datar atau lantai dan kemudian bangun dengan posisi tubuh bagian pinggang ke bawah tetap berada dan menempel pada lantai, gerakan ini dilakukan berulang-ulang. Lihat cara sit up yang benar ! tujuannya untuk mengencangkan, menguatkan, dan membentuk otot perut. bukan melangsingkan perut. ada teknik dan cara tersendiri untuk melangsingkan perut bagi wanita dengan sit up, jadi bukan asal-asalan melakukannya.

Bagi para olahragawan hal ini kemungkinan besar tidak di alami, hanya orang yang tidak terbiasa yang mengalami hal ini. Jika kamu merasakan sakit pada bagian perut saat sit up itu hal yang wajar, apalagi kamu melakukan nya terlalu banyak dan gerakan yang kamu lakukan terlalu cepat,  Otot pada bagian perut yang tidak pernah kamu gerakan dengan beban dan intesitas tinggi menyebabkan nyeri atau sakit pada bagian perut kamu. Dalam istilah medis ini dinamakan kejang/nyeri otot.

Berikut tips agar tidak sakit perut setelah sit up

1. Peregangan.
Langkah pertama yang harus kamu lakukan setiap ingin melakukan aktifitas olahraga ,baik olahraga berat maupun ringan adalah melakukan peregangan ( stretching ) terlebih dulu selama kurang lebih 15 menit. peregangan yang dapat kamu lakukan yaitu peregangan statis dan dinamis. walaupun banyak para pakar mengatakan lebih baik mengunakan peregangan dinamis ketika ingin melakukan pemanasan, namun tidak sedikit pula ada yang mengatakan peregangan statis lebih baik untuk melakukan pemanasan. Jika belum tahu apa itu peregangan statis dan dinamis, silahkan baca mengenai peregangan statis dan dinamis.

2. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga.
Gerakan pemanasan sebelum olahraga yang kamu lakukan adalah menggerakkan secukupnya angota tubuh dengan intensitas yang ringan pada bagian tubuh yang menjadi gerakan inti dari aktifitas olahraga kamu.

3. Aktifitas tidak berlebihan. 
Jika kamu pemula atau baru pertama kali melakukan kegiatan ini, jangan terlalu banyak melakukan gerakannya misalkan dalam waktu 1 menit hanya 10 atau 15 kali gerakan. jika telalu banyak kita melakukannya akan terasa nyeri pada otot yang berlebihan. 

4. Intensitas.
Bagi orang yang baru melakukanya jangan melakukan gerakan terlalu cepat seperti terburu-buru, lakukan dengan santai aja. Biasanya jika seseorang melakukan gerakan dengan intensitas tinggi maka gerakannya jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja.

5. Pernapasan.
Jangan menahan napas saat melakukan sit up, aturlah pernapasan kamu, saat posisi tubuh bangun keatas hembuskan napas, lalu saat kembali pada posisi semula ambil napas, begitu seterusnya.

Otot yang terlibat yakni otot rektus abdominis kiri & kanan dan eksternal obliqus kiri & kanan. Muscle ini lah yang mengalami nyeri atau sakit pada perut kamu, dan sakit akan hilang setelah 3 sampai 5 hari kedepan.

Silahkan bertanya melalui kolom komentar jika ada, jangan lupa sharenya jika bermanfaat. 
terima kasih.

Tag; kebugaran, cara menghilangkan sakit perut setelah sit up, sakit perut setelah makan, sakit perut setelah melahirkan normal, sakit perut bagian bawah kiri, 

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Terima kasih atas bantuannya

Balas

Kolom komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • © 2016 infooterbaruku.com ✔

Saldo Dana Gratis